Sabtu, 17 November 2012

7 Cara Gampang Agar Tetap Fit di Tempat Kerja

Meski pekerjaan menumpuk, jangan sampai membuat Anda jadi tidak fit di tempat kerja. Anda bisa melakukan hal-hal sederhana untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit kok.

Jika para pekerja sakit-sakitan dan tidak fit, maka perusahaan berpotensi merugi. Berdasar laporan World Health Organisation(WHO), India saja berpotensi merugi $ 237 juta pada 2015 akibat meningkatnya penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, dan kanker karena lingkungan kerja yang tidak sehat.

Berikut ini 7 cara sederhanya agar tetap sehat di tempat kerja seperti disarankan Dr Upendra Kaul, Direktur Eksekutif Escorts Heart Institute and Research Centre, New Delhi, India seperti dikutip dari Times of India, Jumat (16/11/2012):

1. Banyak Minum

Air memberikan banyak manfaat bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Air juga membantu detoksifikasi dan kerja pencernaan. Agar banyak minum, setidaknya 8 gelas sehari, taruhlah botol air minum di meja kerja Anda. Jadi Anda bisa mengakses air minum lebih mudah.

Minum air dalam jumlah cukup juga mampu mengurangi stres dan memberikan energi yang cukup sepanjang hari. Agar tidak monoton, Anda juga bisa menyelingi minum limun segar, air kelapa, dan lainnya.

2. Jalan-jalan Sejenak

Carilah alasan bagi diri Anda sendiri untuk istirahat sejenak dari pekerjaan Anda dan berjalan-jalan keliling kantor. Meninggalkan kursi dan berjalan-jalan sejenak bisa membuat Anda tetap fokus, mengurangi lelah, dan membuat Anda merasa lebih baik.

Hal gampang yang bisa Anda lakukan adalah jangan lagi meminta office boy untuk membuatkan secangkir kopi atau teh. Mulai sekarang buatlah sendiri minuman untuk Anda sehingga Anda punya alasan untuk berjalan-jalan sejenak.

Atau Anda juga bisa berjalan-jalan di kantor sembari berbicara di HP Anda. Teruslah bergerak sampai telepon berakhir. Cara lainnya adalah bila Anda naik kendaraan umum atau diantar sopir, turunlah beberapa meter sedikit lebih jauh dari yang biasa Anda lakukan. Jadi, Anda bisa bergerak dan berjalan-jalan sedikit lebih lama.

3. Berolahraga di Jam Makan Siang

Anda bisa memanfaatkan 30 menit waktu makan siang untuk berolahraga. Mungkin Anda bisa mengusulkan kepada kantor tempat Anda bekerja untuk memiliki area gym sederhana, sehingga karyawan bisa sesaat berlari-lari, menggunakan sepeda statis, ataupun treadmill.

4. Peregangan Sederhana

Saat stres, orang-orang umumnya merasakan pegal di punggung ataupun nyeri sendi. Meski tetap berada di meja kerja, jangan lupa lakukan peregangan sederhana. Caranya, tetaplah duduk di kursi Anda, lalu lenturkan kaki dan putar-putarkan pergelangan kaki. Regangkan kaki dan tangan sesering yang Anda bisa.

5. Gunakan Tangga

Saat akan naik atau turun dari ruangan kantor, sebaiknya Anda tidak menggunakan lift tetapi gunakanlah tangga. Karena naik turun tangga akan membuat Anda lebih fit dan enerjik.

6. Bekal Snack Sehat

Ngemil sambil bekerja boleh saja, asalkan yang dikonsumsi adalah cemilan sehat. Jadi ketimbang membeli keripik, junk food, atau soda, bawalah bekal snack sehat. Granola (campuran aneka kacang dan sereal yang rasanya manis) dan buah-buahan bisa jadi cemilan sehat yang akan membuat Anda tetap sehat.

7. Ikuti Game di Kantor

Terkadang beberapa tempat kerja punya kegiatan game olahraga selepas waktu kantor. Misalnya saja ada yang menggelar tenis meja, basket, ataupun futsal. Agar tetap sehat dan bugar, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam aneka game tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz