Minggu, 25 November 2012

Cara Membuat Tema Android Sendiri


Tema dalem sebuah gadget itu telah penting karena bisa mengekspresikan prasaan kite, contohnye kalo lagi seneng bisa make tema yang ceria, ato gambar orang nyengir . terus kalo lagi kasmaran biasanye diganti jadi yang ada gambar lopenye ato tulisan I love u, ape lagi yang lagi galau, biasanye paling banyak tuh di download tema yang model gambar hati patah haha

naah ane mao ngebahas cara buat tema android, berhubung android lagi ngetren .. bosen ama tema andoid situ kan.. pingin bikin sendiri .. caranye si bagi ane agak sulit karena masalah koneksi internet haha jadi malu , tapi buat yang koneksinye lumayan yah bisa lah . oleh karena itu ane share tutorial orang aje dah yak .
ada dua tutor dalam membuat tema android, yg pertama model online, yg kedua model setengah online setengah offline (nahluh bisa begitu )..

langsung aje ke tutorial yang pertame, yaitu model online .. buka spoilernye berikut ini ..
sumber: http://handphoneandroid.web.id/uncategorized/tutorial-bikin-theme-sendiri-untuk-android-kita-yuk

spoiler for: tutorial:

Terpincut custom ROM dengan tampilan theme yang menawan ? Adalah hal yang wajar kalau para developer di XDA maupun di tempat lain menampilkan tampilan theme yang terasa "jreng-jreng" ke mata untuk menarik minat kita mencoba ROM buatannya.
Tapi bagaimana kalau ternyata ROM itu tidak cocok bagi kita ? Sedangkan ROM yang kita rasakan paling cocok ternyata tampilannya biasa aja ?
Jangan khawatir… Mari kita buat sendiri !… Apa? Buat sendiri? TSnya "sakit" ya?.. TIDAK… Mari kita belajar buat sendiri theme atau permak tampilan Android kita dengan GRATIS!
Modal yang dibutuhkan:
1. Kreatifitas <= ini penting supaya bisa menghasilkan theme yang eye-candy 2. Beberapa file dari custom/stock ROM yang kita gunakan. 3. Komputer dan koneksi internet yang cukup stabil Caranya gimana oom TS ? Ikuti step by step dibawah ya… 1. Jalankan internet browser (sesuai kesukaan masing-masing) dan buka alamat web ini: http://uot.dakra.lt
2. Setelah terbuka website diatas, maka pada menu-bar diatas, klik pada tab "KITCHEN"
NOTE: Saat ini UOT Kitchen sedang mengalami renovasi sehingga akses menjadi lambat dan kapasitas terbatas. Terutama saat malam hari di Indonesia dimana dibelahan dunia lain adalah siang hari maka traffic pengguna UOT Kitchen ini menjadi over-quota dan kita tidak dapat masuk.
Berdasarkan pengalaman, saat pagi-siang hari di Indonesia adalah saat yang tepat untuk mengakses UOT Kitchen.
3. Pada screenshot dibawah ini, itulah item-item yang dapat kita custom dengan menggunakan UOT Kitchen.
Koq hanya segini oom TS ? Ya karena UOT Kitchen hanya bisa untuk ini saja… untuk lainnya ya tunggu developernya mengupgrade… :Peace:
4. Mari kita mulai masakan kita dari mengubah icon battery. Maka klik tab "Battery" dan centang pada checkbox "Use this mod". (maksudnya adalah use this modification bukan use this oom momod :hammer:)
Pada screen ini, kita dapat memilih untuk mengganti icon battery dengan SCB % (Standard Customized Battery dengan percentage) atau dengan menggunakan icon set custom battery.
Kita dapat memilih berbagai icon yang kita inginkan dan juga dapat meng-custom warna dari icon battery tersebut.
Kita juga dapat mengganti animasi icon battery saat kita mencharge hp kita bahkan kita dapat mengganti warna icon battery kita sesuai yang kita inginkan.
Pada contoh ini, saya menganti warna icon battery saya menjadi merah Beats Audio (kode warna CC0000). Dan setelah selesai, saya dapat meng-klik tombol "Generate Preview" disebelah kanan atas.
Maka kita akan mendapatkan contoh tampilan dari icon battery yang nanti akan dipakai.
CATATAN: Kita akan mendapatkan 100 icon set dari 0% hingga 100% termasuk animasi saat charging. Pada preview, tidak semua icon ditampilkan.
5. Selesai dari sini, mari kita lanjutkan bermain… eh maksudnya, kita lanjutkan ke modifikasi icon. Maka klik tab "ICON" dan klik oom momod :capedes (click pada checkbox "USE THIS MOD")
Disini kita bisa memilih icon set dan emoticons yang kita inginkan. Silakan Anda coba sendiri mana yang Anda inginkan.
Perhatikan bahwa dipinggir masing-masing icon ada checkbox yang tercentang. Bila tercentang artinya kita akan menggunakan icon tersebut. Apabila kita mendapati bahwa icon tersebut tidak cocok dihati kita dan tidak ingin kita ikutsertakan maka hilangkan tanda centang dipinggirnya.
Pada contoh ini, saya menggunakan smiley B4 Carbon dan iconset G4 Blue Sense 3D. Keren kan ? :D
6. Selanjutkan adalah Status Bar. Saya sendiri kurang suka mengutak-atik Status Bar karena paling ribet, tapi untuk penjelasan kali ini, akan saya coba jelaskan step by step.
Untuk ini, resolusi yang disupport oleh UOT hanya 480×800, 320×480 dan 240×320. Tapi saya sudah mencoba untuk digunakan pada HTC Sensation dengan resolusi 540×960 dan ternyata berhasil dengan sukses.
Pada bagian ini, kita bisa mengaktifkan background transparant di status bar untuk Android 2.3 Gingerbread. Bagi yang menggunakan versi sebelumnya berarti tidak didukung dan tidak bisa menggunakan ini.
Paling atas adalah TOP BAR. Kita bisa memilih warna tulisan yang diinginkan, style dari TOP BAR ataupun warnanya.
Bila ragu, maka klik tombol "GENERATE PREVIEW".
Selanjutnya adalah HEADER dimana disini kita juga bisa mengganti-ganti style, bentuk tulisan dan warna dari header.
Bagian selanjutnya yang bisa diubah adalah Carrier (Nama operator), Notification Area dan bagian footernya.
Dibutuhkan kreatifitas Anda dan keahlian Anda memainkan kombinasi warna untuk mendapatkan hasil yang kinclong dan menawan tapi jangan lupa bahwa kombinasi warna yang dibuat juga harus nyaman dimata nantinya.
Jangan lupa untuk meng-klik tombol PREVIEW setiap Anda melakukan perubahan untuk memastikan perubahan tersebut adalah sesuai seperti yang diinginkan.
7. Selanjutnya kita masuk ke POP UP.
Pada bagian ini kita bisa mengaktifkan efek glowing (berpendar) apabila kita menggeser menu dan juga kita bisa mengatur warna apa yang diinginkan untuk efek tersebut.
Bingung ?… Jangan bingung… Klik saja tombol PREVIEW
Disini kita juga bisa mengatur Volume Bar dan slider.
Juga kita dapat mengatur tampilan download bar dan garis pembatas.
8. Selanjutnya adalah lock-screen. Bagi yang menginginkan lock-screen bawaan maka jangan lakukan modifikasi disini.
Pada lockscreen, kita bisa memilih style dari lockscreen yang diinginkan.
atau
Terserah Anda untuk memilih lock-screen yang diinginkan.
9. Selanjutnya adalah WINDOWS animation.
Maaf tidak bisa ditampilkan previewnya karena link-nya adalah video
10. Lalu FONTS.
Terdapat preview disini untuk menampilkan contoh font atau bentuk tulisan yang akan digunakan nantinya.
11. Terakhir adalah BOOTANIMATION.
Bootanimation adalah animasi yang ditampilkan saat hp kita booting.
Perhatikan disini terdapat combo list untuk memilih jenis ROM yang kita gunakan. Kita dapat memilih:
* Sense ROM (untuk product HTC)
* Froyo Default (generic device yang menggunakan Froyo/Gingerbread)
* Cyanogen ROM
* Galaxy S ROM
Masing-masing memiliki folder yang berbeda untuk menyimpan file bootanimation.zip
Pada contoh ini, saya menggunakan HTC Sensation dengan Gingerbread tapi entah kenapa, saya tidak bisa memilih Sense ROM melainkan harus menggunakan Froyo default untuk mengaktifkan boot animation.
Jangan lupa memeriksa preview dari boot animation yang Anda pilih.
12. Selanjutnya adalah tahap terberat. :berdukas
Jangan lupa untuk menghilangkan centang pada "ThemeChoose preview".
Klik pada tombol System List maka kita akan mendapatkan beberapa box untuk mengupload beberapa file dari custom ROM kita.
File pertama adalah file framework-res.apk.
File custom ROM yang kita download biasanya berupa file .zip maka kita bisa mengekstrak file ini ke salah satu folder di desktop kita lalu masuk ke folder tersebut.
Biasanya terdapat beberapa folder didalamnya seperti DATA, KERNEL, META-INF, SYSTEM dan sebagainya.
Navigasi ke folder /SYSTEM/FRAMEWORK dan kita akan mendapatkan file framework-res.apk.
Untuk SystemUI.apk bisa kita dapatkan pada folder /SYSTEM/APP.
Untuk device HTC dengan OS Gingerbread maka kita perlu mengupload file ketiga yaitu com.htc.resource.apk yang besarnya 53MB. File ini terdapat didalam folder /SYSTEM/FRAMEWORK.
Untuk device yang menggunakan touchwiz maka Anda perlu mengupload file twframework.apk. Saya tidak dapat memberikan contoh untuk ini karena saya tidak menggunakan device yang menggunakan touchwiz UI. Jadi silakan Anda cari sendiri.
Untuk device yang menggunakan OS lain seperti Froyo maka file ketiga ini dapat Anda lewatkan. :Yb
– – Android
nah yang kedua itu versi setengah onlive setengah offline, kenape .. yakni karena kite nginstall softwarenye musti online, udeh ane ngubek2 itu mbah gogel kaga ketemu2 juga versi offlinenye
sumber: http://safri4di.wordpress.com/2012/05/21/membuat-tema-android-sendiri/

spoiler for: tutorial:
Bosan dengan tema android yang sekarang kamu pakai? Kamu mau membuat kreasi tema android dengan icon sendiri. Saya punya triknya. Sebelum melanjutkan baca dulu keterangan di bawah biar tidak salah paham:
  • Trik ini bukan membuat tema/launcher android sebagai ‘stand alone apps’, namun trik untuk membuat tema Go launcher kreasi sendiri.
  • Program ini memerlukan Java JDK, jadi kamu harus memastikan bahwa kamu harus menginstall Java JDK dulu di komputermu.
  • Sebenarnya Go launcher sudah memiliki pengaturan kustomisasi yang sangat lengkap, seperti mengganti wallpaper, background menu icon, hingga mengganti icon pack dengan tema lain yang sudah terinstall, namun tentu saja kamu sangat bangga dengan tema kamu yang tercantum namamu dan icon kreasimu.

Nama programnya GO ThemesFactory, kamu dapat membuat tema kreasi sendiri dan bahkan dapat mengedit tema yang sudah anda. Berikut langkah singkatnya.
  1. Download dan install Java JDK di komputermu
  2. Download GO ThemesFactory.
  3. Extract file zip, klik ‘themefactorybeta’, karena file installer ini berukuran kecil atau versi onlinenya, maka anda harus sabar menunggu program ini terinstall secara online, pastikan anda punya koneksi internet yang stabil (kira-kira 10 menit).
  4. Setelah berhasil terinstall, program akan terbuka. Program ini punya menu yang komplit.
  5. Klik ‘New’, dan isi nama tema anda dan pilih folder tempat simpannya di C:/3G_GoLauncher_Dev_ThemesFactory
  6. Buatlah kreasi anda sendiri, anda bisa ganti wallpaper, menu icon background, icon apps, icon base dan sebagainya.
  7. Ketika kreasimu siap, klik save dan klik menu ‘Export’
  8. Selamat, kamu berhasil buat tema sendiri! Anda siap menstranfer tema kreasi anda ke android kesayanganmu. (file apk yang baru dibuat tersimpan di folder dimana kamu men-extract file zip dan menginstall go themefactory.
Download GO Themes Factory
Download Java SDK

2 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks info nya gan :D

Yuan wijaya mengatakan...

siip

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz