Selasa, 13 November 2012

Tips Cara membentuk rasa percaya diri

Cara mengikatkan kepercayaan diri – Rasa percaya diri yang tingi dan pada tempatnya merupakan salah satu modal untuk berhasil dalam bersosialisasi. Sebaliknya, kurang percaya diri bisa menghambat anda dalam berbagai hal.
Kurangnya rasa percaya diri disebabkan oleh banyak sekali faktor, terutama faktor lingkungan dan kebiasaan yang di lakukan secara terus menerus, yang mengakibatkan terbentuknya mental yang kurang percaya diri. Kurang PD dari seseorang dapat kita lihat dari ketakutan atau rasa malu yang berlebihan sehingga selalu terhambat untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan orang lain.



Bagi anda yang merasa kurang PD, berikut ini adalah sedikit tips tentang bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri anda.

Cara membentuk rasa percaya diri

1. Belajar berpenampilan menarik

Penampilan yang kurang menarik merupakan salah sau alasan banyak orang menjadi kurang percaya diri. Penampilan ini dapat meliputi cara berpakaiaan dan penampilan jasmani yang dianggap kurang baik. Nah, untuk menambah rasa percaya diri ketika tampil di muka umum, perbaiki penampilan anda dahulu. Usahakan untuk menjaga kebersihan dan memaki pakaian yang baik namun tidak mencolok, serta nyaman untuk anda.

2. Belajar berbicara di muka umum

Ketika diminta melakukan kata sambutan atau pidato, kadang sebagian orang merasa malu dan menolak dengan berbagi alasan. Hal ini disebabkan karena mereka tidak pernah berbicara di muka umum sehingga akan terasa canggung untuk menyampaikan sepata atau dua patah kata saja. Ketakutan untuk berbisara di depan umum sebenarnya tidak sesadis yang kita bayangkan. Mulailah belajar berbicara dan abaikan tanggapan orang terhadap apa yang anda sampaikan dan selanjutnya akan lebih mudah.

3. Perbaiki body language

Ketika anda berada dalam komunitas, seperti forum atau rapat terbuka, usahakan untuk melatih diri menjadi anusias dan tidak lesu. Body language anda akan cepat memberi kesan pada orang lain bahwa anda adalah orang yang tidak percaya diri. Usahakan untuk Berdiri tegak, mata lurus ke depan dan melakukan kontak mata dengan lawan bicara agar memberi kesan kepada orang lain bahwa anda sangat percaya diri.

4. Usahakan untuk selalu tampil di depan

Ketika ada suau kegiatan atau pertemuan di tempat umum, kebanyakan orang berusahan untuk duduk di belakang dan berusaha untuk tidak terlihat. Untuk melatih kepercayaan diri anda, usahakan untuk duduk di depan agar anda dilihat orang lain. Kalau perlu paksakan diri anda jika anda kurang PD. Ketika hal ini sudah dibiasakan maka anda tidak canggung lagi berada dalam kumpulan orang banyak.

5. Jangan terlalu memikirkan pandangan orang terhadap anda

Kadang seseorang tidak bisa berbuat apa yang diinginkannya karena ia terlalu memikirkan pandangan orang lain. Sebenarnya ini adalah penjara mental yang tidak nyata yang kadang membuat kita selalu takut salah dan tidak pernah bertindak. Lakukan saja apa yang anda yakini dan buang jauh-jauh pikiran negatif tentang pandangan orang lain terhadap anda selama itu wajar dan tidak merugikan orang lain.

6. Selalu bersyukur

Jangan terlalu fokus terhadap keinginan anda. Ini akan membuat anda selalu memikirkan kelemahan diri. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, belajarlah untuk bersyukur dan mengingat apa kelebihan2 kecil dari anda yang tidak ada pada orang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz