Sabtu, 03 November 2012

Cara Agar Anda Tidur Cepat dan Nyenyak

Ini Cara Agar Anda Tidur Cepat dan Nyenyak

ilustrasi (reuters)
Lama waktu tidur yang normal untuk orang dewasa adalah 8 jam. Namun, ternyata tidak semua orang dapat tidur sesuai waktu tidur normal tersebut. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir.
Sayangnya, banyak orang merasa sulit tidur saat malam hari. Walaupun sudah berniat untuk tidur, tapi mata tidak bisa terpejam dan tidak ada rasa kantuk. Berikut cara-cara agar Anda dapat tidur dengan cepat dan menikmati tidur dengan nyenyak.
Jangan makan berlebihan di malam hari
Usahakan agar makan malam Anda tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.
Jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur
Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pikiran yang berat atau perdebatan dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Anda relaks menjelang waktu tidur, itu akan sangat membantu untuk cepat tidur.
Mandi dengan air panas
Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga Anda bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat Anda lakukan 1 jam sebelum tidur.
Minum susu panas
Minum susu panas di malam hari diyakini dapat membantu tubuh lebih santai dan tidur Anda semakin nyenyak.
Matikan lampu
Saat menjelang tidur, matikan lampu kamar Anda. Bila Anda terbiasa tidur malam dan ingin tidur lebih cepat, maka upayakan agar Anda sudah berada di kamar setengah jam dari waktu yang Anda tentukan, matikan lampu dan cobalah untuk pejamkan mata.
Gunakan wewangian atau musik slow sebagai pengantar tidur
Anda dapat menggunakan aroma terapi agar lebih tenang. Bila memungkinkan, nyalakan musik slow yang dapat membantu Anda rileks.
Membaca buku
Buku membuat Anda berpikir tenang dan mempercepat Anda tidur. Namun jangan membaca buku yang terlalu seru (buku tentang action atau detektif) sehingga membuat otak Anda berkerja sehingga Anda susah tidur.
Atur napas
Dengan menarik napas dalam dan mengaturnya, tubuh Anda beradaptasi seperti saat Anda tengah tidur nyenyak.
Menulis buku harian
Menulis buku harian sebelum tidur juga dapat membuat Anda menikmati tidur yang nyenyak. Dengan menulis buku harian, Anda seolah-olah sedang men-download pikiran Anda dan meringankan beban pikiran yang membuat pikiran lebih tenang dan tidurpun menjadi lebih nyenyak. (healthinfo/k4/ajz)

Berita Terkait

1 komentar:

Jefry mengatakan...

Akhir2 ini saya susah tidur dan sering bangun larut malam
terima kasih atas saran2nya..

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz