10 Kebiasaan Untuk Hindari Stres dan Depresi

10 Kebiasaan Untuk Hindari Stres dan Depresi
Stress dan depresi adalah hal yang biasa kita alami dalam sehari-hari,apa  lagi sepulang kerja dari kantor badan pegal-pegal,jalanan macet,terus nyampek rumah kena ocehan ortu….behh lengkap deh penderitaannya,hehehehe…..
Namun ada beberapa kebiasaan yang dibuat sehari-hari yang berguna untuk menghindari stres dan depresi. Tidak semua kebiasaan yang sering kita lakukan itu hanya menambah beban stress kita, tetapi jika kita bisa melakukan dan menikmatinya, kemungkinan kita dapat mengurangi stres dan depresi. Nah sobat mau tau..??kebiasaan apa saja yang dapatmengurangi bahkan menghilangkan stress dan depresi.yuk ikuti ulasannya.chekkidot.
Berikut adalah 10 kebiasaan yang dapat menghindari stres dandepresi sehingga kita bisa menjaga kesehatan mental kita.
1. Menulis buku harian (diary).
Menulis adalah cara yang baik untuk mengungkapkan perasaan. Dengan tidak perlu untuk menyaring setiap pikiran kita, Sobat bebas untuk mengungkapkan perasaan Sobat secara tertulis. Sobat tidak perlu takut untuk dihakimi, mengkritik, dan bahkan dikritik oleh orang lain. Hal ini memungkinkan Sobat untuk mengekspresikan emosi dan perasaan Sobat secara bebas.
2. Dapatkan cukup tidur.
Jika Sobat merasa kurang tidur malam, bisa ditambah dengan tidur siang singkat jika diperlukan. Tidur adalah waktu yang baik bagi tubuh kita untuk pulih, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, otak kesempatan untuk istirahat dan regenerasi, dan juga menyimpan energi untuk hari berikutnya.
3.Olahraga.
 Latihan menghasilkan endorfin alami, yang membantu kita untuk menempatkan diri dalam suasana hati yang baik. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan suasana hati. Kemampuan otak untuk berpikir juga meningkat segera setelah latihan.
4. Minum banyak air.
 Dehidrasi sering diabaikan, padahal tubuh kita terdiri dari 95% air. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kita akan merasa lesu, mudah marah, dan sakit kepala. Tubuh juga cenderung salah menafsirkan haus akan merasa lapar, sehingga sering menjadi penyebab obesitas. Minuman ringan atau minuman manis tidak dihitung sebagai air, Sobat harus minum air.
5. Mendapatkan cukup vitamin D dan asam lemak omega 3
Vitamin D dan omega-3 asam lemak adalah nutrisi khusus yang membantu otak, namun sering kita tidak mendapatkan cukup dari makanan yang kita makan. Sekarang juga banyak produk tabir surya yang menghalangi penyerapan vitamin D di kulit.
6. Bersosialisasi.
Saat ini sangat mudah untuk menjadi individualis karena kemajuan teknologi internet membuat segalanya mudah dilakukan sendiri. Tetapi bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain sangat berguna bagi kesehatan mental kita. Meskipun hanya 1 jam sehari, bersosialisasi bisa meningkatkan suasana hati kita.
7. Bermeditasi atau berdoa.
Banyak orang berpikir ibadah dan berdoa hanya sebagai suatu kewajiban. Tapi menyembah dan berdoa untuk memiliki efek yang baik dengan meditasi untuk kesehatan mental kita, yang membawa kita pada perasaan tenang dan damai.
8. Bersyukur dan berterima kasih.
Sering mengucapkan terima kasih dan terima kasih kepada orang lain memberikan banyak dampak positif pada kehidupan kita. Pada dasarnya, pasti selalu ada sesuatu untuk bersyukur untuk setiap hari tidak peduli apa keadaan. Jika kita selalu berpikir positif, maka itu juga memberikan dampak positif pada kehidupan kita.
9. Makan buah-buahan dan sayuran.
Kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran ternyata dapat membantu mengatasi stress dan depresi yang kita alami.karena buah dan sayuran dapat menjaga tubuh kita, termasuk otak kita.
10. Selalu tersenyum dan ramah kepada orang lain
. Ini mungkin adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Seperti jika kita terjebak dalam rutinitas sehari-hari kita, bersikap baik dan selalu tersenyum menjadi semakin sulit. Setiap masalah di rumah atau di tempat kerja tidak mempengaruhi kehidupan sosial kita. Tetapi jika kita bisa menyenangkan orang lain dengan senyum kita, apapun masalah yang kita hadapi, tentu perasaan senang juga akan datang kepada kita dengan sendirinya.
Dengan melakukan 10 kebiasaan di atas, Sobat akan dapat menghindari stres dan depresi. Melakukan kebiasaan baik sangat penting untuk mengembangkan dan mempertahankan pikiran yang sehat.nah itulah tadi 10Kebiasaan Untuk Hindari Stres dan Depresi,semoga bermanfaat…..
Dan baca terus ya sob,Tips,Trik,dan Info-info menarik lainnya yah..??

Previous
Next Post »