Minggu, 17 Februari 2013

Tips Memilih Spek Minimum PC/Laptop untuk Gaming

Tips Memilih Spek Minimum PC/Laptop untuk Gaming


Punya bujet cekak, tapi ingin menikmati spek PC yang tinggi buat main game, kalau tidak pas mencari spesifikasi hardwarenya, bisa-bisa kamu malah cuma dapet sepotong prosessor sama harddisk doang. Mendingan sepotong roti, bisa langsung enak dimakan. Gimana kalo cuma prosessor Intel core i7, bisa-bisa buat gantungan kunci tuh. So, kamu musti cerdas dalam memilih spesifikasi yang tepat sesuai isi kantong kamu.
Jika kamu memang ngebet banget kepingin PC dengan bujet pas-pasan, maka tips untuk mencari spek minimum berikut ini layak dipraktekkan :
- Prosessor + Motherboard
Untuk spek si otak komputer ini, pilihlah yang sudah dual core. Prosessor dengan inti dua (dual core) akan menghasilkan kecepatan Clock yang mumpuni. Apalagi harga prosessor dual core saat ini semakin bersahabat.
AMD vs INTEL
Jika kamu ingin meningkatkan Clock speed dari prosessor, maka overclocking layak untuk dilakukan. Syaratnya kamu musti berhati-hati, dan kalau bisa sudah pernah melakukannya atau mungkin sudah ahli. Kalau berbekal coba-coba, sebaiknya jangan. Bisa-bisa malah keluar asap dari dalam CPU kamu. hehe
Untuk seri dual core, Intel punya Intel seri Pentium D, Intel dual core, atau Intel Core 2 Duo. Atau setingkat diatasnya yang Oke tapi mahal dikit ada Intel core 2 Extreme, intel core 2 Quad, core i3, dll. Dan untuk AMD, minimum untuk dual corenya adalah AMD Athlon 64 X2, atau AMD FX. Setingkat diatasnya ada AMD Turion atau Phenom. 
Untuk Laptop, dengan melirik spek Prosessor diatas mungkin sudah bisa buat panduan, tapi buat pengguna PC bisa lebih selektif lagi yaitu dengan melirik Motherboard. Motherboard harus mempunyai chipset yang support sesuai dengan prosessornya. Komponen chipset yang pas, akan mengurangi beban kerja si prosessor. Untuk keluarga chipsetnya bisa cari referensi di tempat lain, saya tidak hafal.
- Kartu Grafis (VGA)
hd-2900xt-2
Kartu grafis juga merupakan sesuatu yang sangat vital bagi para gamers. Kartu grafis dapat mengambil alih beban kerja yang seharusnya ditangani oleh si prosessor. Bahkan bisa juga kamu mempertimbangkan untuk membeli prosessor dengan spek standar, tapi dengan jenis kartu grafis yang tinggi.
Biasanya tiap game mempunyai patokan spek minimum kartu grafis yang beda-beda. Untuk ATI bisa pilih ATI 9250 128 MB, Radeon X1600, atau Radeon HD 3200 256 MB. Dan untuk nVidia bisa pilih nVidia Ge force 6150, GeForce FX 5500 256 MB, atau nVidia GeForce 7600. Atau pilih sendiri yang setingkat.
- Memori
Semakin besar memori akan membuat game yang kamu mainkan semakin lancar tanpa tersendat-sendat. Untuk sekarang ini, RAM (Random Access Memory) sebesar 1 GB DDR2 sepertinya tak akan membebani kantong. Dan memang di label game-game tingkat menengah sering dicantumkan memori minimum adalah 1 GB. Tapi bisa juga kamu memasang dua buah RAM DDR2 512 MB,  bahkan sekeping RAM 512 MB pun bisa tapi sangat minim.

Pada intinya hanya 3 bagian diatas yang sangat vital buat nge-game. Untuk yang lainnya hanyalah sebagai pelengkap. Seperti harddisk, kamu bisa pilih minimum 80 GB SATA 7200rpm.
Untuk layar masih bisa gunakan CRT. Atau gunakan LCD jika pengin lebih bening dan kantong memang masih mencukupi. Semakin lebar layar akan semakin puas main gamenya.
Dan untuk pengguna PC, bisa pilih speaker yang mumpuni pula, biar suaranya bisa mengggelegar. Percuma kan kalau cuma memanjakan mata, tapi telinga terasa hampa.
Sekian tips dari saya, maaf jika ada kesalahan kata-kata. Semoga bermanfaat !!!

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz