Jumat, 04 Januari 2013

Tips Merawat Motor Harian

Tips Perawat Motor Harian
Selamat malam semuanya..
Tidak bosen-bosennya nha posting seputar otomotif..
sebenernya bosen sih..
tapi ga tau mau posting apa lagi he.. (otak pas-pasan)

Malam ini nha hanya mau berbagi tips merawat motor biar awet dan panjang umur..
Layaknya hewan peliharaan, motor pun juga harus dirawat dengan baik. Salah-salah justru nanti malah ngga awet..
So...,yuk ikuti tips harian merawat motor ala nha hehe..

1. Periksa oli


Oli adalah salahsatu yang wajib diperhatikan, karena keberadaanya menyangkut komponen-komponen krusial lain seperti piston, ring piston, rod connecting (stang seher), noken as dan katup. Makanya kalo ngga segera diperiksa justru nanti akan berakibat fatal.. (secara partsnya mahal-mahal).
Gantilah oli jika warnanya telah pekat, biasanya penggantian oli per 2000km. Apa bila ada kebocoran, mending langsung dibawa ke bengkel (bengkel resmi tentunya) supaya packing-packing mesin bisa diperiksa, atau kemungkinan diganti.

2. Cek kondisi aki


Kalau kata org tua, lebih baik pas ketimbang kurang atau lebih. Sama halnya dengan aki, selalu pastikan kondisi airnya ngga melebihi atau kurang dari batas yang telah ditentukan.
Jangan lupa untuk periksa bagian kutub-kutubnya. Jika diantaranya mengeluarkan serbuk, berarti aki mulai melemah. Segera saja bersihkan dengan sikat kawat.
Apabila klakson udah bengek, lampu sein ga mau ngdip dan starter mulai ogah-ogahan tandanya si aki kudu disetrum atau diganti.

3. Busi plus kabel koil


Apa hubungan diantara keduanya ini?
Jelas, kabel kil ini adalah penghubung untuk busi. Jika kabel mulai mengeras atau telah timbul retak-retak, mendingan segera diganti dengan yang baru.
Busi pun menjadi nyawa penting pada motor. Segera periksa keadaannya, kalo ujungnya menghitam, cukup dibersihkan dengan ampelas halus supaya kembali seperti semula.

4. Tekanan ban dan karet CVT


Memeriksa keadaan ban juga wajib hukumnya. Ga mau kan kena sial bocor pas perjalannan?
Perhatikan tekanan pada ban. Lagi-lagi, jangan kelebihan atau kekurangan tekanan, bisa-bisa kembang ban malah cepet rusak.
Karet CVT harus diperiksa, apakah masih elastis atau sudah longgar dan retak-retak?
Jika begitu, ada baiknyan diganti karena bisa membahayakan disaat kita mengendarainya.

5. Warming up mesin
Warming up alias pemanasan. Sama aja kaya body kita, mesin pun kudu dipanaskan sebelum mereka melakukan aktifitas.
Nah, lama waktu yang pas untuk memanaskan adalah 1 - 2 menit.
Kenapa harus dipanaskan?
Hal ini dilakukan supaya predaran oli bisa mencapai keseluruh bagian mesin. Proses pemanasan inipun jangan terlalu lama, karena bisa menyebabkan pemborosan pada bensin dan juga menjadikan pipa knalpot menguning.


Nah itulah sedikit tips sangat ringan dari Nha...
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz