Mengubah Tampilan Android Seperti Windows Phone 7

Windows Phone 7 merupakan OS lanjutan dari Windows Mobile yang memiliki tampilan atau UI yang berbeda dari OS yang lain yang memakai acuan icon centric. WP7 memiliki UI yang biasa disebut oleh Microsoft “Metro UI”. Bagi sebagian orang yang sudah mencoba UI dari Windows Phone 7 akan terkesan dengan tampilannya yang simpel dan elegan.
Namun harga handset WP7 yang relatif mahal dan jumlah aplikasi yang tak sebanyak dan sefleksibel Android menjadi beberapa alasan untuk para pecinta gadget kurang berminat dengan OS besutan Microsoft ini. Disini kita akan merubah seutuhnya UI Android menjadi layaknya WP7 sehingga teman Andapun tak akan mengenali Android Anda lagi atau malah mengira Anda baru saja membeli handset WP7 baru.
Sebelum memulai beberapa aplikasi ini disarankan untuk beberapa handset Android yang mengusung resolusi layar HDPI (480×800) atau diatasnya. Akan tetapi masih bisa digunakan bagi handset yang memiliki resolusi layar MDPI (480×320). Namun, sangat tidak disarankan bagi handset Android yang memiliki resolusi layar LDPI (240×320) karena akan mengurangi kenyamanan Anda dalam menjelajah menu handset Jangan lupa menginstall aplikasi launcher switcher semisal Homesmack agar Anda bisa dengan mudah berganti ke homescreen default Anda
Jika semuanya telah terpenuhi Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Launcher 7
Launcher 7 merupakan aplikasi Android yang bisa merubah homecreen anda menjadi WP7 dan dapat diunduh secara gratis di Google Play dengan pilhan versi berbayar yang dibanderol cukup murah US$1.98 dan versi “Lite” yang tentunya dipenuhi dengan banner iklan. Keunggulan Launcher 7 daripada aplikasi launcher sejenis, kita bisa dengan bebas mengkostumisasi tampilan dari tiles di homescreen, animasi, setting Live Tiles yang tentu saja akan membuat homescreen Android Anda seperti layaknya WP7.

Untuk menambah jumlah tiles di homescreen hampir sama dengan metode yang dipakai di WP7. Agar beberapa tiles aplikasi serupa dengan tampilan di WP7 Anda bisa mendownload beberapa tiles skin pack di www.launcher7.blogspot.com secara gratis.
Sesuaikan gambar tile dengan aplikasi yang Anda miliki dengan cara tekan agak lama di tile yang akan diubah lalu tekan logo pensil di pojok atas tile lalu pilih costum icon di bagian “icon” dan tekan “Select image from SD Card” pilih gambar yang diinginkan, setelah itu pilih “Tile options” dan pilih “Full-tile bitmap (1×1 only)” jika Anda memilih 1×1 sebagai ukuran tile. Opsi ini akan membuat seluruh gambar termuat penuh di area tile.
Ubah Aplikasi default phonebook
Ada 2 pilihan aplikasi pengganti kontak default Android bertemakan WP7, WP7Contact dan WP7 Dialer – Lite. Sepintas fungsi dan tampilan kedua aplikasi ini serupa namun WP7 Dialer – Lite memiliki tampilan People dan dilengkapi dengan Facebook News Feed namun WP7 Dialer sepertinya sudah tidak dikembangkan lagi. Sehingga seringkali terjadi crash saat digunakan di handset Android terbaru dibandingkan aplikasi WP7Contact yang setiap bulannya ter-update. WP7Contact juga tersedia dengan versi berbayar di Google Play dengan harga US$2.99.

Media Player
Satu-satunya media player yang bertemakan WP7 adalah Zplayer fungsionalitas dan secara tampilan pun Zplayer bisa dibilang sama dengan Zune Player milik WP7. Bahkan Zplayer juga memiliki fitur artist biography, similiar artist, charts, podcast, equalizer dan juga video player. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi “lite”-nya. Namun aplikasi yang dibanderol US$3.20 di Google Play ini layak dimiliki karena fiturnya yang sangat lengkap.

Lockscreen
Anda bisa mengganti lockscreen default Android dengan WP7Lock, aplikasi ini juga dilengkapi dengan notifikasi SMS, email, dan missed call di layar lockscreen. Sehingga Anda bisa bisa memantau handset Anda tanpa harus membuka lockscreen. Aplikasi ini tersedia dalam versi berbayar yang dibanderol US$2.00 dan versi “Lite” yang sayangnya penuh dengan bug, fitur yang dibatasi dan acapkali crash ketika digunakan.

WP7 Notification dapat menambahkan fitur notifikasi yang terdapat di WP7, aplikasi ini dapat menampilkan notifikasi SMS, email, missed call dan bahkan notifikasi chat dari beberapa aplikasi IM Android pun bisa ditampilkan dengan baik layaknya WP7.

Messaging
Ganti aplikasi default SMS Anda dengan Messaging Metro Beta. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengirim SMS dengan cepat dan responsif dengan style WP7 tentunya. Aplikasi ini masih dalam tahap Beta namun terus mendapat update terbaru setiap bulannya.

Keyboard
Tak lengkap rasanya jika kita masih memakai keyboard default Android. Anda bisa mengubah keyboard Anda dengan menginstall Better Keyboard  dan memakai Windows Phone 7 Skin.
Aplikasi tambahan
Agar lebih suasana WP7 lebih terasa di Android, Anda juga dapat menginstall Seven+ Calculator yang juga memiliki fitur serupa dengan kalkulator di WP7.

Dengan menginstall aplikasi-aplikasi diatas Anda akan mendapatkan pengalaman WP7 di Android Anda. Dan bagi Anda yang sudah cukup nyaman memakai Android pastinya Anda tidak perlu mengganti handset Anda dengan handset WP7 hanya untuk mencoba interface Metro UI milik WP7. Dan selamat menikmati WP7 di Android.

Previous
Next Post »