Jumat, 19 Oktober 2012

Spesifikasi PC Untuk Gaming



gaming_pcJika anda seorang komputer gamer tentu anda ingin memiliki seperangkat PC handal yang bisa anda gunakan untuk main game. Tapi jika anda seorang pemula, anda jangan asal mau dan asal tahu dan juga jangan gampang tergoda karena jika anda ingin PC seperti itu anda harus bisa-bisa memilihnya dan harus tanya-tanya dulu sampai dulu atau cari-cari deh di google sampe mentok ke sini.

Tidak sedikit toko-toko komputer menawarkan seperangkat PC yang mereka beri label "PC Gaming" sedangkan spesifikasinya biasa-biasa saja, alias standar kantor. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda akan merancang/membeli PC untuk games, diantaranya :

1. Motherboard
mb
Kalau motherboard saya lihat dari harga saja deh karena kalau dari spesifikasinya terlalu puanjaaang. Nah... sebaiknya beli yang harganya sekitar 900rb an ke atas. Tapi kalau budgetnya pas-pasan yang biasa juga boleh asal yang ber-merk dan sudah suport multi core, ya.. minimal dual core dan juga ada slot PCI-E nya. Hanya saja kalau mobo biasa nge upgrade nya terbatas karena biasanya maksimum RAM nya juga hanya sampai 4 G.

2. Prosesor
Cpu
Prosesor minimal 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock to X3.

3. Memory RAM
2352172_kvr1333d3n92g
Kapasitas Memory RAM minimal 2 Gb. Jenisnya juga berpengaruh yaitu DDR3 lebih bagus dari DDR2, tapi minimal DDR2 juga bagus.

4. VGA Card add-on
GeForce_GT220
Ini adalah suatu keharusan, bukan PC gaming namanya kalau tidak memakai VGA Card add-on. VGA card minimal memory 512 Mb dengan buswidth 128 bit, itupun hanya untuk game-game menengah ke bawah belum untuk game-game besar. Jangan sampai tertipu juga dengan hal yang satu ini, besar memori belum menentukan bagusnya VGA jika buswidth-nya kecil. Biasanya ada VGA dengan memori 1 G tapi buswidth hanya 64 bit, nah VGA seperti itu tidak bagus untuk game. 
Ada dua jenis chip/prosesor VGA yang paling populer yaitu Nvidia GeForce dan AMD Ati Radeon, keduanya sama-sama bagus. Tidak sedikit orang terkecoh dengan VGA Card dimana mereka hanya melihat besar memorinya saja dengan harga yang cukup murah, misalnya NVidia GeForce 8400GS dengan memori 512 mb padahal buswidth-nya hanya 32 bit atau GT210 dengan memori 1 G tapi buswidth-nya hanya 64 bit atau Ati Radeon HD5450 dengan memori 1 G padahal buswidht-nya hanya 64 bit.
Ada beberapa seri VGA NVidia GeForce diantaranya SE, GS, GT, GTS, GTX. Untuk seri SE dan GS biasanya seri-seri dengan buswidth 32 - 64 bit (seperti 8400GS, 9600SE, 610SE dll), seri GT dan GTS adalah seri dengan buswidth 64 - 128 bit (64 bit : GT210, GT520, GT430-LP, GT610. 128 bit : 9500GT, 9800GT, GT220, 430, 440, 450, 630, GTS450 dll) dan GTX adalah seri paling bagus untuk games karena seri ini biasanya memiliki buswidth mulai dari 128 bit s/d 384 bit. (seperti GTX480, GTX580, GTX670 dll)
Untuk Ati Radeon dengan buswidth 64 bit : HD5450, HD4650, HD6450 dll dan selain seri-seri tersebut dari ATI Radeon memiliki buswidth 128 s/d 384 bit.
Selain memori dan buswidth, adalagi bandwidth atau memory clock speed yang diukur dengan satuan MHz. Semakin besar nilainya semakin bagus VGA tersebut. Satu lagi yang perlu anda perhatikan yaitu jenis socket-nya, AGV ataukah PCI-E. Tapi bagi mobo-mobo sekarang semuanya menggunakan socket PCI-E, AGV biasanya mobo-mobo jadul.
Tapi jika anda pusing dengan seri-seri VGA tersebut gini saja deh... biasanya VGA dengan buswidth 32 - 64 bit tidak dicantumkan pada dus pembeliannya, tapi kalau VGA dengan buswidth 128 bit ke atas baru dicantumkan, mudah kan....
Jadi untuk VGA jangan hanya memperhatikan besar memorinya saja, tapi buswidth dan memory clock speed juga harus diperhatikan. Ya minimal untuk game adalah GT220 atau HD5550

5. Heatsink / Pendingin Prosesor
cool
Ini juga sangat penting, bermain game dengan mengetik pastinya sangat berbeda. Saat bermain game prosesor akan panas sekali bahkan bisa over. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda harus menggunakan pendingin modif, jangan menggunakan pendingin bawaan terutama bagi prosesor AMD.

Kesimpulannya :
5 Poin di atas adalah 5 hal yang harus anda perhatikan jika anda hendak merangkai PC untuk games, tapi jika anda hendak membeli yang sudah jadi yang harus anda perhatikan sebelum membelinya adalah VGA, RAM, dan Heatsink Prosesor-nya.

Secara ringkas spesifikasi minimalnya adalah:
  • Motherboard suport multi core prosesor dan suport slot VGA Card (PCI-E)
  • Prosesor 2.5 MHz Intel Dual Core atau AMD Athlon/Phenom X2 unlock
  • RAM 2 Giga
  • VGA Card add-on 512 Mb 128 bit
  • Menggunakan heatsink modif

Itulah menurut saya spesifikasi minimal untuk sebuah PC Gaming dengan artian "lebih besar maka lebih bagus". Yang sesungguhnya PC Gaming sih bukan seperti itu, jika anda ingin lebih puas maka anda harus merancang dengan spesifikasi yang lebih dari itu semua.

Beberapa games yang dapat anda mainkan dengan spesifikasi di atas antara lain (beserta settingan gerafiknya) :
- NFS Underground 2 (high)
- NFS Most Wanted (medium)
- NFS Carbon (medium)
- GTA Vice City (high)
- GTA San Andreas (medium)
- Winnig Eleven 7 (medium)
- Wining Eleven 9 (medium)
- PES 2006 - 2008 (medium)
- FM 2008 - 2010 (medium)
- Devil May Cry 3 (medium)
- MotoGP 3 (medium)
- Rise Of Nation (max)
- Black Hawk Down : Delta Force (max)
- Far Cry 2 (low)
- MX vs ATV (high)
- Up (high)
- Total Ovedose (high)
- Stronghold Extreem (high)
- Empire Earth I (high) dan II (medium)
- 007 Blood Stone (medium)
- Marine Sharpshooter II (high)
- Spy Hunter : Nowhere to Run (high)
- Age of Empire III (low)
- dll.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

NICE SHARE

Yuan wijaya mengatakan...

MAKASIH ATAS INFO NYA

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz