Daftar Kematian Pembalap Sepanjang Sejarah MotoGP


Inilah daftar kematian Pembalap Motogp Sepangjang sejarah Motogp

1949 Ben Drinkwater (GBR) GP Isle of Man

Meninggal dunia setelah menabrak pembatas sirkuit ketika berusaha menghindar dari tabrakan dengan sesama pembalap.

1950 David Whitworth (GBR) GP Belgia

Meninggal dunia pada balapan di sirkuit Spa-Francorchamps

1951 Dario Ambrosini (ITA) GP Albi
http://racingmemo.free.fr/dossier%20images/Images%20saisons/CHAMPIONS/C007-50%20Ambrosini.jpg
Meninggal ketika crash saat latihan resmi di Sirkuit Albi pada GP Perancis tahun 1951.

1951 Gianni Leoni dan Sante Geminiani (ITA) Ulster GP
http://www.marinadiospedaletti.it/wp-content/comment-image/9432.jpg
Gianni Leoni menghembuskan nafas terakhir setelah bertrabakan dengan rekan satu timnya Sante Geminiani di sesi latihan.

1952 Dave Bennett (GBR) GP Swiss, Berne
http://images.suite101.com/1244740_com_bennett1.png
Pada lap 27 tidak terlihat Bennet melintas, timnya mengira ada kerusakan mesin. Ternyata Bennet tergelincir keluar lintasan lalu menabrak pohon. Bennet tewas seketika.

1953 Leslie Graham (GBR) GP Isle of Man
Meninggal seketika dalam kecelakaan tunggal spektakuler di GP Isle of Man.

1953 Ernie Ring (AUT) GP Belgia
http://www.ttfan.co.uk/C-ering.jpg

1954 Dennis Lashmar (GBR) GP Germany
http://www.profimedia.si/photo/red-cross-workers-carrying-dennis-lashmar-on/profimedia-0016643548.jpg
Dennis Lashmar mengalami kecelakaan dan luka parah pada kepala di sirkuit Solitude

1954 Rupert Hollaus (AUT) GP Monza Practice
http://static.classora.com/files/uploads/images/entries/496293/main.jpg
Tewas setelah mengalami kecelakaan di sesi latihan.

1956 Derek Ennett (GBR) Ulster GP
http://www.iomtt.com/images/cache/7e3d1646270506aedb8557dbfaa78edf.jpg
Tergelincir di tikungan S dengan kecepatan 120Km/jam dan menabrak tiang

1957 Roberto Colombo (ITA) GP Spa Francorchamps
Kembali sesi latihan memakan korban. Kali ini Colombo di GP Belgia.


1960 Bob Brown (AUS) GP Solitude
Tewas di sesi latihan GP Jerman Barat.

1969 Bill Ivy (GBR) GP Sachsenring
Murni karena keteledoran. Bill Ivy hendak kembali ke paddock setelah selesai melakukan sesi latihan. Sayangnya saat itu helmnya dilepas dan ditaruh di atas tanki bahan bakar. Dalam kecepatan lumayan kencang, tiba-tiba mesinnya mati dan Bill langsung terpental dari motornya dan mengalami cidera kepala yang serius. Dia meninggal dunia di rumah sakit.

1970 Santiago Herrero (SPA) Isle of Man TT
Santiago bertabrakan dengan Stanley Wood di lap terakhir. Wood mengalami patah tulang selangka dan tumit sedangkan Herrero meninggal dunia 2 hari kemudian karena cedera serius.

1970 Robin Fitton (GBR) GP Nürburgring
Meninggal setelah mengalami kecelakaan di sesi latihan.

1971 Angelo Bergamonti (ITA) GP Riccione
Tewas dalam belapan yang digelar di jalanan kota Riccione.

1971 Günter Bartusch (GDR) GP Sachsenring
Kembali sirkuit di jerman memakan korban. bartusch juga tewas dalam sesi latihan.

1973 Renzo Pasolini dan Jarno Saarinen (ITA) GP Monza
Pasolini terjatuh saat balapan dan ditabrak oleh Saarinen. Saarinen juga terjatuh dan menyebabkan tabrakan beruntun yang melibatkan 12 pembalap. Keduanya meninggal dunia.

1974 Billie Nelson (GBR) GP Opatija
Tewas saat terjatuh dari motor saat balapan.

1976 Otello Buscherini (ITA) GP Mugello
Buscherini juga meninggal karena kecelakaan tunggal saat balapan.

1977 Ulrich Graf (SUI) GP Opatija
Meninggal dunia karena terpental dari motornya setelah mengalami slip di sebuah tikungan.

1980 Patrick Pons (FRA) GP Silverstone
Meninggal saat kecelakaan tunggal di race GP Inggris.

1981 Michel Rougerie (FRA) GP Yugoslavia
Juga tewas saat balapan.

1983 Michel Frutschi (SUI) GP Le Mans
Tewas di balapan era 500cc.

1989 Iván Palazzese (VEN) GP Hockenheim
Palazzese sedang menguntit Andreas Preining ketika tiba-tiba motor Preining melambat karena mengalami masalah. Plazzese akhirnya menabrak Preining dan terjatuh. ketika mencoba bangkit, tiba-tiba muncul Bruno Bonhuill dan Fabio Barchitta yang tak sempat mengindar sehingga menabrak Palazzese.

2003 Daijiro Kato (JPN) GP Suzuka
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS2Mlm4daimnvvvh4eRc03SWqMSq97q6D-7VOdWgof71xolraqp
Kecelakaan yang cukup mengerikan. Motor Kato oleng ketika baru saja keluar dari sebuah tikungan cepat. Tak mampu menguasai motornya, Kato akhirnya menghantam pagar pembatas lintasan dengan kecepatan di atas 200 km/jam.

2010 Shoya Tomizawa (JPN) GP Misano
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR1OlF66w_uNcVHI5QOJxH2tHylrDZ9sK04qgimSVW7P_J5Q2pX
Setelah keluar dari sebuah tikungan cepat, ban belakang motor Tomizawa terlihat sedikit keluar dari lintasan sehingga membuatnya kehilangan grip dan terjatuh di trek. Naas, dari belakang, Scott Reading dan Alex Angelis yang terus menempel Tomizawa dan melaju dengan kecepatan 220 km/jam tak sempat menghindar sehingga keduanya melindas Tomizawa dan terjungkal. Salah satu kecelakaan paling spektakuler sekaligus mengerikan di era MotoGP modern.

2011 Marco Simoncelli (ITA) GP Sepang



Marco mengalami slip di tikungan 11 dan tetap berusaha mengendalikan motornya. Sayangnya hal ini berakibat fatal karena dirinya justru masuk ke dalam jalur balap Colin Edwards dan Valentino Rossi yang langsung menghantam tubuhnya. Kerasnya benturan membuat helm Marco sampai terlepas. Colin terjatuh dalam insiden ini dan mengalami dislokasi bahu, sedangkan Rossi masih mampu mengendalikan laju motornya.

Previous
Next Post »