Senin, 22 Oktober 2012

Cek kecepatan koneksi internet dengan WinMtr

 
"WinMtr Untuk Mengecek Biang Kerok Eror Koneksi"
Oleh : MeltDown
Ditulis pada : 06-December-10

Koneksi internet anda lambat dan menyebalkan ?. Sebelum anda ngomel kesana kemari, ada baiknya jika anda lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk menentukan oknum dari leletnya koneksi anda.

Proses pengecekan ini dapat menggunakan aplikasi kecil, mungil dan cukup akurat, namanya WinMtr yang (kira-kira) merupakan singkatan dari Win Meter. 
Mulanya aplikasi ini merupakan plugin yang tersedia di berbagai distro linux, namun rupanya ada seseorang yang sungguh baik sehingga bersedia membuatkannya untuk versi windows, free pula.

Ada perbedaan cara penggunaan antara windows XP dan windows setelahnya (Vista dan Seven). Perbedaan ini hanya menyangkut pra-penggunaan saja. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :


CARA PENGGUNAAN

Sebelum digunakan, jangan lupa di extract dulu.

Pada Windows XP

1. Jalankan file WinMTR.exe, kemudian pada kolom Host dengan (misalnya) : google.com






2. Selanjutnya, klik tombol Start. Sehingga akan tampak proses seperti gambar berikut :





3. Yang harus anda perhatikan adalah baris pada kolom Loss %.  Baris tersebut merupakan informasi erornya koneksi dari suatu alamat IP yang tersedia di sebelah kiri.

Pada proses WinMtr tersebut, anda harus benar-benar tahu IP mana yang menjadi sumber koneksi anda, simplenya sih  IP mana yang merupakan koneksi dari penyedia internet yang anda gunakan. Jika pada IP tersebut terdapat nilai LOSS yang cukup besar dan terus menerus, maka anda sudah dapat melakukan SOMASI terhadap si empunya IP tersebut.

Nilai "0" pada kolom "Loss %" artinya koneksi dari IP tersebut bagus dan tanpa halangan.


Penggunaan pada Vista dan Seven

Software ini, memang tidak langsung jalan (pada versi ketika ini ditulis) ketika diakses dari Windows Vista atau Seven. Hal ini dikarenakan software tersebut compability-nya dianggap bertentangan dengan compability dari kedua OS tadi. Sebagai solusinya, anda tentukan saja Compability Programnya ke windows yang anda yakini "biasanya jalan". Caranya, klik kanan dan pilih Properties pada file WinMtr.exe.

Kemudian klik menu Compability, dan beri centang pada Run This program in compability mode for, kemudian anda pilih OS yang menurut anda bisa menjalankannya dengan normal. Pada contoh gambar berikut, saya memilih Windows XP (Service Pack 3).


Setalah itu klik Apply atau langsung saja OK. dan kini anda dapat menjalankan WinMtr pada Vista dan Seven.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

all in 1 mengatakan...

BISA DI DOWNLOAD nih :D

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz