Sabtu, 20 Oktober 2012

10 Super Komputer Tercepat di Dunia

Seberapa cepat komputer kamu di rumah? pastinya akan kalah  cepatanya dengan super komputer yang memang sengaja di rancang denga kemampuan yang cukup super cepat. Kamu ingin tahu super komputer apa saja yang  memiliki kecepatan super simak 10 Super Komputer Tercepat di Dunia berikut ini.
1. Jugene
Superkomputer Jerman dirancang untuk konsumsi daya yang rendah serta kinerja tinggi, dan itu sudah terlibat dalam beberapa proyek yang menarik – termasuk mencoba untuk menentukan berapa DVD bekerja. Menurut Scientific Computing, itu meningkatkan pemahaman kita tentang “proses yang terlibat dalam menulis dan menghapus DVD”, yang harus mengarah pada media penyimpanan yang bekerja lebih baik, berlangsung lebih lama dan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi.
2. Kraken
Dapatkah proyek komputasi Anda ditangani oleh mesin dengan 511 core? Maka jangan repot-repot datang ke Kraken: itu paling cocok untuk pekerjaan yang menggunakan “setidaknya 512 core”. Itu punya banyak luang: Institut Nasional untuk Komputasi Ilmu laporan bahwa superkomputer Cray memiliki 112.895 menghitung core yang tersebar di 9.408 node.
Tujuannya? Untuk membantu “memecahkan tantangan terbesar di dunia ilmiah, seperti memahami dasar-dasar materi dan membuka rahasia tentang asal usul alam semesta kita”.
3. Roadrunner
Supercomputing adalah bidang yang bergerak cepat, dan Roadrunner adalah bukti: pada tahun 2008 itu adalah superkomputer pertama untuk memecahkan hambatan petaflop untuk kinerja yang berkelanjutan, tetapi kecepatan 1,04 petaflop yang berarti jatuh ke tempat ketujuh dalam dua tahun.
Dibangun oleh IBM untuk Departemen Energi AS, ia dirancang untuk bekerja di luar apakah senjata nuklir AS itu akan tetap aman dengan bertambahnya usia mereka – meskipun seperti superkomputer besar itu juga tersedia untuk industri, dengan mobil dan industri kedirgantaraan membayar untuk pergi.
4. Tera-100 (Perancis)
Superkomputer skala petaflop pertama yang dirancang dan dibangun di Eropa ini cukup cepat: “kapasitasnya untuk mentransfer informasi setara dengan satu juta orang menonton film definisi tinggi secara bersamaan”, rilis pers mengatakan.
Dibangun di sekitar Intel Xeon prosesor 7500, pengganti 2005 yang Tera 10 adalah 20 kali lebih cepat dan tujuh kali lebih hemat energi sebagai pendahulunya. Ini satu lagi nuklir: misi Tera-100 adalah untuk membantu menjamin keandalan nuklir Eropa.
5. Hopper
Hopper bekerja pada hal-hal besar: perubahan iklim, energi bersih, astrofisika, fisika partikel … rumahnya, Departemen Energi AS Nasional Pusat Energi Komputasi Riset Ilmiah, menawarkan layanan kepada lebih dari 3.000 peneliti di bidang penelitian iklim, kimia, pengembangan material baru dan bidang penting lainnya.
6. Tsubame 2.0
Tokyo Tsubame 2.0 menawarkan kinerja yang mirip dengan Jaguar – itu puncak pada 2,3 petaflops, dengan kinerja yang berkelanjutan dari sekitar 1,4 petaflops – tapi itu seperempat dari ukuran dan menggunakan seperempat dari berkat kekuatan untuk ketergantungan pada Nvidia Fermi GPU serta sebagai Intel CPU.
Menurut memimpin proyek Profesor Satoshi Matsuoka, Tsubame benar-benar akan bersinar dalam prakiraan iklim dan cuaca, pemodelan dan simulasi biomolekuler tsunami.
7. Dawning Nebulae
Ketika diluncurkan pada awal 2010 Dawning superkomputer Nebulae Cina adalah tercepat di dunia, dengan kinerja dari 1,27 petaflops, tapi itu sudah di tempat ketiga berkat untuk Jaguar dan China sendiri lebih baru, lebih cepat Tianhe-1A. Seperti Nebulae saudaranya berada di National Supercomputing Centre di Shenzhen.
8. Dengan seperempat juta core: Jaguar
aguar, sebuah Cray XT5-HE superkomputer yang terletak di AS Oak Ridge National Laboratory, telah cukup beberapa core: TOP500 mengatakan ada hampir seperempat juta sejak upgrade terbaru.
224.162 Jaguar core datang milik sejumlah besar enam-core Opteron, dan kinerjanya adalah 1,76 petaflops besar dan kuat. Oak Ridge bilang itu superkomputer tercepat di dunia untuk penelitian tidak berbintang.
9. Tianhe-1A (Cina)
Superkomputer China   ini  dapat berjalan pada 2,5 petaflops berkelanjutan (petaflop adalah seribu triliun operasi floating point per detik) berkat 186.368 core dan 229.376 GB RAM.
Sementara tenaga kuda berasal dari off-the-rak Intel dan chip Nvidia, New York Times mengatakan bahwa kecepatan mesin China adalah ke interkoneksi, teknologi jaringan yang menghubungkan node individu komputer bersama-sama, yang dua kali lebih cepat teknologi Infiniband digunakan dalam superkomputer lainnya.
Tianhe-1A Ini terletak di Pusat Supercomputing Nasional Shenzhen, di mana itu digunakan oleh universitas dan perusahaan Cina.
10. IBM Sequioa
Nah ini dia super komputer tercepat di Dunia saat ini. Sequioa diklaim memiliki kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien yaitu 16,32 petaflops atau sekitar 16 ribu triliun kalkulasi per detik dengan konsumsi daya hanya 7,09 megawatt. Dengan demikian, komputer ini memiliki kecepatan 1,55 kali lebih baik dibandingkan komputer buatan Fujitsu yang kini dimiliki China.
Sequioa bisa melakukan penghitungan super sulit yang bisa dilakukan oleh sekitar 6,7 miliar orang menggunakan kalkulator tangan selama 320 tahun.
Kemampuan ini tidak lepas dari hardware yang digunakan IBM untuk membuatnya. Menurut pihak IBM, Sequioa menggunakan prosesor IBM Power QBC 16 core dengan kecepatan 1,6GHz sebanyak 98.304 prosesor dengan jumlah total core-nya mencapai 1,6 juta core.
Sequioa sendiri dibuat sebagai alat untuk melakukan simulasi uji coba senjata nuklir sebagai pengganti uji coba senjata nuklir di dunia nyata. Untuk menguji ketahanan super komputer IBM Sequoia, pihak Lawrence Livemore National Laboratory yang berada di bawah pimpinan Departemen Energi AS, telah menjalankan software Linpack selama 23 jam tanpa gagal 1 core pun dengan efisiensi hingga 81 persen.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz