Sabtu, 28 Juli 2012

Manfaat Puasa



Wah, enggak kerasa sekarang sudah bulan Ramadan lagi. Bagi para umat muslim, bulan Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu karena umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ini. Puasa adalah menahan rasa lapar dan haus dengan sengaja dimulai sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Sebenarnya puasa bukan hanya itu, kita juga diwajibkan untuk menahan emosi dan amarah serta meningkatkan keimanan kita :)

Mungkin ada beberapa orang yang belum tahu apa sih fungsinya puasa? Menurutku, dengan berpuasa, kita jadi bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang miskin. Contohnya, tentu kalian tahu kondisi di negara-negara Afrika? Banyak sekali orang-orang, dewasa atau anak-anak, yang kelaparan dan kekurangan gizi. Dengan berpuasa, diharapkan kita bisa menyadari betapa beruntung dan nikmatnya kehidupan yang Tuhan berikan kepada kita.

Nah, di sekolah tadi, salah seorang guruku memberikan kami sedikit ilmu tentang manfaat puasa. Beliau mengatakan bahwa puasa itu sangat penting bagi tubuh kita. Karena dengan berpuasa, tentu membuat tubuh kita tidak menerima asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Oleh karena itu, puasa memungkinkan sistem pencernaan kita beristirahat sejenak, sehingga memberikan kesempatan untuk tubuh membuang racun-racun yang menumpuk. Kita sebagai orang Indonesia, pasti pernah memakan racun. Aku sering melihat sebuah acara di TV yang menginvestigasi tentang pemakaian zat-zat berbahaya dalam makanan. Contohnya, tahu yang berformalin, bakso yang mengandung boraks, goreng-gorengan yang mengandung Lilin dan masih banyak lagi. Tentu saja, ketika zat-zat yang disalahgunakan dalam makanan itu masuk ke dalam tubuh, maka akan sangat membahayakan! Jadi dengan berpuasa, diharapkan semua racun itu dapat menghilang.

Dan tak hanya itu, beliau mengatakan bahwa ternyata bukan hanya manusia yang berpuasa. Hewan dan tumbuhan juga berpuasa. Contohnya Ayam. Ternyata ayam berpuasa ketika mengerami telurnya. Saat puasa, suhu tubuh ayam menjadi panas, sehingga telur yang dierami lekas menetas. Selain itu, masih ada ulat yang merupakan pemakan daun. Sebelum menjadi kupu-kupu, ulat berpuasa terlebih dahulu. Daun-daun yang dimakannya itu menjadi bekal puasanya di dalam kepompong. Sedangkan tumbuhan yang berpuasa, contohnya seperti pohon jati, ketepeng dan berbagai jenis tanaman keras lainnya akan berpuasa saat musim panas dengan cara menggugurkan seluruh daunnya. Ternyata itu dimaksudkan untuk mengurangi penguapan sehingga air tetap tersimpan sebagai bekal kelangsungan hidupnya.

Gimana apa kalian masih malas untuk berpuasa? :D

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz