Sabtu, 26 Mei 2012

Logout Otomatis Menggunakan Firefox Facebook Auto-Logout

Jika khawatir lupa melakukan logout setelah menggunakan Facebook maka plugin atau add-on berikut ini sangat tepat untuk Anda. Sebagai catatan add-on ini untuk pengguna browser Mozilla Firefox.

Saat menggunakan Facebook sering kali kita lupa melakukan logout ketika terburu-buru atau karena laptop atau pc sedang digunakan oleh teman atau saudara kita di rumah. Meski tab di mana Anda mengakses akun Facebook telah tertutup dan termasuk jendela browser, tetap saja semua orang bisa dengan mudah mengaksesnya jika belum melakukan logout.
Kelihatannya sepele, namun niat jahat bisa datang kapan saja. Ingat pesan Bang Napi, “kejahatan bisa dilakukan tidak hanya karena niat pelakunya tapi juga karena adanya kesempatan”.
Nah, agar kesempatan seperti itu tidak menggoda orang lain maka tidak salah jika kita mengatur agar akun Facebook kita secara otomatis logout saat tidak kita pergunakan. Tentu saja agar cara ini bekerja terlebih dulu instal add-on Firefox berikut yang akan melakukan logout otomatis.

Cara Kerja Facebook Auto-Logout

Facebook Auto-Logout, nama add-on yang kita perlukan untuk menjalankan fungsi ini. Saat ini sudah tersedia dalam versi 0.3.3 dan bisa diunduh dalam laman add-on Firefox.
Berbeda dengan add-on Firefox lain pada umumnya setelah melakukan pemasangan tidak perlu melakukan restart. Dengan sendirinya plugin ini akan berjalan otomatis.
Ada pun default setting (pengaturan bawaan) add-on Facebook Auto-Logout adalah 60 second (1 menit). Setelah melewati waktu ini maka dengan otomatis add-on akan melakukan logout akun Facebook.
Bagaimana mengetahui jika Anda sudah logout? Saat logout terjadi maka akan muncul pesan notifikasi atau pemberitahuan pada pojok kanan bawah taskbar. Agar tidak penasaran pastikan pertama kali menggunakan add-on ini bekerja dengan baik. Caranya buka kembali/akses laman Facebook. Lihat, apakah akun anda masih bisa diakses atau harus melakukan login lagi.
Jika sudah bekerja sebagaimana mestinya maka selanjutnya Anda tinggal menyesuaikan berapa durasi waktu yang diperlukan untuk melakukan logout otomatis. Seperti dijelaskan sebelumnya waktu dari pengaturan bawaan adalah 60 detik atau 1 menit.
Pada bar menu pilih Tools lalu klik Add-Ons – atau jika anda bingung mengikuti langkah ini cukup tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+A. Kemudian pilih tab Extensions dan persis di bawah add-ons Facebook Auto-Logout 0.3.3 klik tombol options. Dan langkah terakhir adalah menentukan jumlah durasi waktu sesuai kebutuhan pada kolom “Log me out after (X) seconds of inactivity“, ganti angka 60 (detik) dengan waktu yang diperlukan.
Setelah mengganti waktu default tanpa menekan tombol Save (karena memang tidak tersedia… jadi jangan bingung) coba akses kembali akun Facebook Anda dan tutup tab atau browser Firefox selama waktu yang anda tentukan. Jika bekerja maka selanjutnya tinggal beradaptasi dengan berapa sebetulnya waktu yang diperlukan untuk melakukan logout Facebook secara otomatis.
Sebagai catatan bagi pemilik warnet atau pc yang diakses untuk umum Add-Ons seperti ini layak dicoba untuk keamanan dan kenyamanan. Berhubung aksi scam, hack, spam, dsb terus marak di dunia maya.
OK! Selamat mencoba.
pdate:
  • Bagi pengguna expert silahkan buka browser Firefox lalu masuk menu Tools > Options. Kemudian akan muncul jendela menu Options, disini klik tab menu Privacy kemudian ganti “Firefox will: Remember history”  dengan pilihan “Use custom settings for history“. Dari sini akan muncul berbagai opsi – bisa di check list semua atau cukup dengan menandai always use private browsing mode – namun untuk mudahnya lebih baik tandai semua terutama opsi “clear history when Firefox closes“.
  • Untuk pengguna Chrome klik icon bergambar kunci inggris untuk melakukan kustomasi dan kontrol Google Chrome. Kemudian pilih Settings. Setelah itu akan muncul 3 tab menu vertikal: History, Extensions, Settings, dan Help. Pilih Settings, lalu klik Show advanced settings… muncul beberapa submenu antara lain Privacy, klik tombol Content settings…. lalu check list “Clear cookies and other site and plug-in data when I close my browser“.
  • Kekurangan dari dua pengaturan di atas adalah semua cookies akan terhapus saat browser ditutup tak terkecuali Facebook.

1 komentar:

Electro Lifes mengatakan...

ahahaha mantap... mantap...siap-siap di banned sama mbah Google dan hewan piaraannya: Si Panda dan Si Penguin. :D

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

Pengikut

 
Close .: Baca Juga Yang Ini :.
www.blogpingtool.com

Copyright © 2013. Frozenyuan - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz